2160403 The Cute Little Pony and The Courser – Cupcake Part (2)

2 Apr

Assalammu’alaikum,

Lanjutan dari bagian pertama …..

Salah satu rujukan tentang kuda ini, bahkan oleh Allah SWT dipakai sebagai sumpah, pastinya spesial ya, adalah surat ke-100 yaitu surah Al ‘Adiyat yang berarti “yang berlari dengan cepat” http://quran.com/100 atau sering juga ditafsirkan sebagai kuda-kuda perang yang berlari kencang.

imageSahabat2 cantiq2 dan gantenk2 yang semoga selalu dirahmati Allah SWT, berbeda dengan si kuda pony yang imut2 di atas, di dalam surah ini, tepatnya di lima ayat pertama, Allah SWT telah memilih kuda sebagai perumpamaan dan sumpah, dan menggambarkannya sebagai sesuatu yang berlari kencang (tahukah sahabat2 bahwa yang tercatat di dunia ini, kecepatan lari kuda tercepat itu bisa mencapai 70 km/jam?). Masya Allah….

imageMau tahu tentang bagaimana Allah SWT berfirman tentang kuda2 perang di Al ‘Adiyat ini…?Begini Allah mengilustrasikan kuda2 perang yang berlari kencang itu….dengan nafas yang terengah-engah, menyerang di pagi subuh (menurut tafsir, Nabi Muhammad biasa melakukan serangan menjelang subuh, beliau akan menunggu, apabila terdengar adzan di lokasi target serangan, maka beliau akan mengurungkan penyerangan, tapi bila tidak, maka baru beliau akan menyerang), kemudian kakinya yang berlari kencang membentur bebatuan, memercikkan api, dan membuat debu2 beterbangan di sekitarnya, dan dengan gagah beraninya membawa tuannya, si penunggang kuda terjun, merangsek masuk ke dalam kancah peperangan…..

imageYa, sahabat2 cantik dan baik2 hatinya, Allah SWT di separuh awal surah ini seperti memutarkan sebuah trailer film perang jaman dulu, sebuah gambaran bagaimana kuda2 perang bergerak, berlari dengan cepatnya dst dst senagaimana ulasan di atas,….lantas muncul pertanyaan, kenapa ya Allah SWT dalam surah Al ‘Adiyat ini memilih kuda sebagai perumpamaan atau parable…? Kemudian bagaimana kelanjutan gambaran kuda2 perang yang berlari kencang itu….?

imageSungguh menarik sahabat2, yang semoga kita mendapatkan faedah dari membaca dan mempelajari surah ini. Karena ternyata Allah SWT berhenti berfirman tentang kuda2 itu di ayat ke-lima, dan kemudian melanjutkan di ayat ke-enam dengan sebuah ayat yang membuat kita merefleksikan ke dalam ke dalam diri kita sendiri, ya setelah terbawa dengan gambaran visualisasi tertulis tentang betapa garang dan gagahnya kuda2 perang yang berlari kencang dalam lima ayat pertama, kemudian Allah tiba2 saja melanjutkan dengan pernyataan seperti ini…”Sungguh, manusia itu begitu tidak bersyukur kepada Tuhannya” dan kemudian dilanjutkan lagi dengan ayat ke-delapan, “dan sungguh dia sangat berlebihan dalam mencintai kekayaan”

imageYa sahabat, setelah mengambil perumpamaan kuda2 perang yang berlari kencang di lima ayat pertama, Allah SWT, kemudian, seakan-akan berbalik 180 derajat, menunjuk ke arah kita al insan, manusia sebagai indvidu, Dia yang Maha Benar, Maha Tahu akan karakter ciptaanNya, menyebutkan dua karakter manusia, yang pertama bahwa sungguh manusia itu kepada Tuhannya adalah “kanuudun”.

Apa ya yang dimaksud “kanuud” itu? Menurut beberapa ulama tafsir, arti dari kanuud adalah sangat tidak bersyukur, atau ada juga yang mendefinisikan kanuud sebagai orang yang suka menghitung-hitung kesengsaraan atau keburukan yang menimpanya sehingga lupa akan nikmat atau kebaikan2 yang telah Allah anugerahkan kepadaNya sebelumnya.

imageAstaghfirullah, semoga kita termasuk manusia yang dihindarkan Allah SWT dari ke”Kanuudan” ini ya sahabat2. Ya atau tidak? seringkali entah sadar atau tidak terkadang kita sering berkeluh kesah, ketika musibah atau kesedihan atau sedikitnya berkurangnya kenyamanan yang menimpa kita, sehingga melupakan nikmat yang sudah kita rasakan begitu lama dan tak terhitung banyaknya, sehingga menutup rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Lantas, apa hubungan perumpamaan kuda2 perang itu dengan karakter manusia ini yang pertama disebut Allah sebagai Kanuud ini?

Bersambung ke bagian ke-3 ……

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: