2151107 Epic Moment, Heroic Cups ( 1 – Dava’s Part )

14 Nov

logo for fb cupcake-kooAssalammu’alaikum wrwb,

Bismillahirrahmaanirrahiiimmm….Allahu Akbar!

Sahabat2 yang cantiq2, gantenk2 dan imut semuanya, tak terasa yah kita sudah berada di pertengahan Nopember, bulan yang selalu mengingatkan kita sebagai bangsa, pada sebuah kota di bagian timur pulau Jawa, ya betul Kota Surabaya, Kota Pahlawan.

Makanya ndak terlalu salah untuk sekedar membangkitkan semangat untuk terus berjuang memperbaiki diri, kami share satu dialog yang pernah sempat kami tulis hampir lima tahun lalu….yang mungkin masih relevan, semoga sedikit memberi spirit buat sahabat2 yang lagi galau, di bulan Nopember ini, tentunya di-feature-ing dengan beberapa paket epic dan heroic yang lucu untuk beberapa jagoan imut …so, silahkan …. disimak dialog epic berikut ….

Eh gan, tar lagi….10 Nopember…

Nape emang?

Ya kan hari pahlawan….

Mau jadi pahlawan?

Ya kan boleh to punya cita2 jadi pahlawan…

Hallaaaaah wong model loe kayak gitu aje mo jadi pahlawan…prettt!

Jangan jadi pembunuh mimpi getu donk gan…

Emang pahlawan itu ape, coba?

Jaman SD dulu yang namanya pahlawan ya orang yang dianggap berjasa buat bangsa dan negara….

Yahhh….gak beda jauh ma jawaban anak guwe yang masih di SD…loh pikir enak apa jadi pahlawan?

Kan ngetop gan, namanya disebut-sebut orang, dipakai jadi nama jalan, nama sekolah, dicetak di mata uang dan kadang-kadang dibuat patungnya ma seniman….pokoknya terkenal gitu lho…..

Ya kalau cuma untuk terkenal, jadi artis aja, kok syusyah2 jadi pahlawan…

Ya enggaklah, maksudnya mereka tuh yang punya jasa besar, berjuang gitu lho buat bangsa dan negara …

Ya sudah jadi guru aja sana, pahlawan tanpa ngarep jasa …lebih mulia toh, apalagi kalau loe bisa jadi guru yang killer, pasti disebut2 terus ma murid loh karena ngomongin loh yang galak killer bin kejem.

Aduh gan, kan guwe dah terlanjur jadi pegawe…mana mungkin gawe ngrangkep jadi guru?

Ya bisa aja lah kalau loe serius mau!

Yah kan gak mungkin waktunya, guwe nyampe rumah dapet maghrib aja dah syukur.

Lha getu mo jadi pahlawan. Pahlawan tuh yah harus sanggup berkorban, kalo loe kerja pagi ampek malem buat cari nafkah, terus masih pengin berjuang jadi pahlawan, ya malem pan bisa ngajar membagikan ilmu ke anak2 jalanan kek atau siapa gitu yang membutuhkan yang loh bisa bantu.

Yah gan, pan guwe juga perlu istirahat.

Lah ya gitu mo jadi pahlawan…korban waktu kagak mau

Tapi gan, kalau definisi pahlawan cuma berjasa aja kok rasanya kurang dalem alias dangkal gitu ya?…menurut agan bagaimana?

Iya siehhh …. kalau berjasa aja kedengarannya kok ngarep dot com padahal pahlawan itu harusnya ikhlas ya, gak ngarep dot com, gak perlu bintang berenteng di baju sebagai tanda jasa, bahkan neh menurut ane, gak ada pahlawan yang niat jadi pahlawan. Bisa jadi dijamannya mereka-mereka tuh pada di penjara, disiksa, disingkirkan, dikucilkan, diejekin, bahkan tak jarang yang harus menebus dengan nyawa mereka. Tapi hikmah selalu datang belakangan, sejarah mencatat kemudian, kalau ternyata mereka itu adalah pahlawan. Getu…..menurut ane sih.

Iye bener, kayak para pahlawan jaman perjuangan merebut kemerdekaan negeri kita ini ye.

Tul…Terus menurut loh lagi, yang namanya pahlawan itu apa dan begimana ?

Ane tau gan, barangkali mungkin bisa jadi kira-kira….pahlawan tuh orang2 yang mempunyai pengaruh(1), karena pikiran-pikirannya yang murni, besar dan dipenuhi visi jauh ke depan gitu gan.

Tumben otak loe rada-rada encer…lanjutin.

Dia itu gan, bisa mempengaruhi orang2 dari situasi kondisi perilaku yang naudzubillah menjadi situasi kondisi dan perilaku yang subhanallah…

Makan ape loh tadi pagi kok kayak hp habis di-charge full-bar? Maksud loh ape sikon naudzubillah ke sikon subhanallah….?

Ya maksudnye, pahlawan itu mau ngajakin atau mempengaruhi orang2 untuk berubah dari situasi kondisi yang jahil, rusak, morat marit ke arah yang lebih baik gitu loh gan…yang lebih cerah gilang gemilang. Kan susah gan, ngajakin orang bener…apalagi bisa gilang gemilang, perlu kerja keras(2)an….

Berarti guwe juga termasuk dong, pan guwe ajakin loh supaya gak telat terus ngantor, supaya loh kerja yang bener gak browsing2 aja, gak ngrumpi ngobrol ngalor ngidul …

Ya tapi agan sendiri pan sering telat juga…nah tuh lagi browsing juga, terus ngidul ngalor ngobrol kayak sekarang nih ma ane…hehehe

Hehehe….gitu ya…ya dah lanjut…

Yoi, dia tuh juga pelaku(3) gitu lho gan, kasih contoh, kagak nyuruh-nyuruh aja gitu, gak retorika gitu, gak omdo….kalau di pelajaran sains anak guwe yang kelas empat, pahlawan itu kayak larutan homogen gitu lho gan…kalau umat atau sebuah bangsa itu ibaratnya segelas air, pahlawan itu seperti sesendok madu yang dicemplungin ke segelas air tadi. Nah, die tuh diaduk2 di air itu dan akhirnya larut rut rut mewarnai campuran dan gak kepisah ma yang namanya orang atau umat yang die pengaruhi itu….

Bukannya kayak tanah dicemplungin ke air, bukannya larut, tapi tanah bikin keruh dan dia memisahkan diri jadi endapan … dibawah gelas. Jadi pahlawan itu membuat air yang tawar rasanya menjadi manis dan bermanfaat buat kesehatan atau kehidupan ….gitu gan.

Halah, makin mumet aja jalan pikiran loh….tapi boleh juga tuh perumpamaannye

Dilanjutin gak ini gan…

Terserah loh aja dah…mumpung lagi caer lo punya otak dan mumpung kuping guwe lagi gak gatel pengin denger ceramah ustadz kesukaan gue nih, lanjutin dah….

Lha terus pengaruhnya tuh gan, gak cuma ke satu dua orang. Mungkin mula2 begitu tapi karena konsisten atau istiqomah(4) tak pantang menyerah doi tuh makin banyak membuat pengaruh yang baik. Berangkat dari dirinya sendiri, di lingkungan seukuran rumah atau keluarga, se RT, RW, kampung, kecamatan, terus seukuran bangsa sampai bahkan ada yang mencapai seluruh dunia gitu lho gan….

Maksud loh kayak artis2 yang mendunia gitu ya kayak jaman ane mas MJ gitu….bisa bikin anak2 muda sedunia ber-moon walking gitu? Atau mbak Madonna yang gaya pakaian dan dandanannya kalo ampe ditiru ma anak2, nyaknye bisa pada lompat tuh jantungnya…? gitu?

Ya, kalau dari pengaruhnya bisa jadi ya gan…mereka-mereka itu jadi pahlawan….pengaruhnya kan mendunia….

Halah…..!Ngaco loh…sana diraut lagi loh punya otak….

Hihihi…ya gan, serius lagi nih…Mungkin pengaruhnya kearah kemanfaatan(5) buat hidup manusia gitu gan…

Nah, ya…tuh lurus lagi…manfaat ape maksud loh…

Yah macem2 sih gan yang namanya manfaat bisa apa aja…dari manfaat yang nyata-nyata terlihat secara fisik, sampai manfaat berupa pengaruhnya pada perubahan pola pikir dan sikap manusia. Kalau ane pikir tak terhitung jumlah pahlawan dari mulai Adam manusia pertama, sampe dengan semaju dunia kita sekarang ini gan. Pastinya dari kontribusi pelopor-pelopor hebat yang kerja keras, belajar, berpikir, mencoba, gagal, belajar lagi, mencoba lagi sampe berbuah karya yang membangun dan menumbuhkan peradaban seperti sekarang ini. Itu gan menurut ane pahlawan. Tapi nehi buat ane mempahlawankan Om Darwin…masak nenek moyang ane dibilang dari si monmon…ih ogah, menurut ane kagak termasuk die itu gan.

Padahal tingkah laku loh dah mirip-mirip si mon-mon tuh kalau lagi rebutan gorengan pagi-pagi …

Yah itu pan pas ane ndak sempat sarapan dirumah gan hehehe….

Ya dah, tapi masih belum ngegigit tuh penjelasan ente soal pahlawan tadi…Kalau boleh ane simpulkan key wordnye pahlawan menurut loh udah ada lima ape berape tuh tadi, lima ye. Lha asisten ane di rumah juga bekerja keras, penuh manfaat, rajin, bahkan jarang, malah kagak pernah minta naik gaji, ape doi juga termasuk pahlawan….?

Ennah …itu dia gan, ane baru mikir2 kayaknya masih perlu kriteria lagi buat mengartikan pahlawan. Agan kasih contoh asisten agan yang di rumah. Bisa jadi termasuk pahlawan lho gan, setingkat keluarga. Kalau gak ada asisten, pan agan juga kagak bakalan bisa produktif, kerja seperti ini kan gan… Doi itu ke kota ninggalin keluarga, kadang ninggalin anak, atau suami, buat ngebantu di rumah kite…. jadi berkorban, ya….itu dia gan…pengorbanan(6). Menurut ane, kagak pantas orang dikenang sebagai pahlawan kecuali karena pengorbanannya.

Walah….bahaya nih, ane mulai takjub ma ente…pan ane dah bilangin di awal tadi kalao mo jadi pahlawan musti mau berkorban, kagak nyimak sih elonya….

Hehe….iya ya, coba gan kasih contohnya….

Lha … malah kasih PR ke ane, loh pikir-pikir sendiri kenape, contoh2 para pahlawan pendahulu kita yang tadi lo bilang gak terhitung jumlahnye…

Hmm…tar guwe refresh lagi memori ane gan…mau mulai dari jaman ape atau sekelas ape gan…hehehe…pahlawan sekelas RT, RW, kecamatan, nasional atau yang global gan…? Mumpung ada contekan neh…

Nantangin nih ye…semau-maumu aje…gih cepetan, dah kepingin nguap nih ane…yang sekelas dunia aja deh…sekalian

Ya udah gan, kalau boleh ane mulai, seperti kite sepakat tadi salah satu kriteria pahlawan pan pengaruhnya buat umat atau bangsa atau orang banyak dan tercatat oleh sejarah…nahh, kalau gitu kita buat garis sejarah aja gan…Ane cari yang kira-kira pengaruhnya luar biasa hebat buat dunia.

Ya cepetan…

Kite mulai dari 1300an SM aja gan. Di masa itu yang paling banyak kisahnya disebut-sebut di kitab petunjuk ya gan adalah Musa. Jaraknya dah sekitar 3000an tahun lalu dari kita sekarang gan. Menurut ane kepahlawanan Musa, karena tak kenal putus asanya menggembala umatnya. Meskipun berkali-kali dikhianati, Musa tetap konsisten menjalankan tugas. Bayangin gan beliau memimpin begitu banyak orang eksodus dari Mesir melalui padang gurun gersang selama hampir 40 tahun, perlu kesabaran, kerja keras, ketauladanan, dan pengorbanan. Kalau mau, mungkin dia bisa aja gan menolak tugas maha berat ngebawa umat Ibrani keluar Mesir, jadi pejabat tinggi di kerajaan Mesir aja, tercukupi semua kebutuhan lahir batin, nyaman, aman, dan sentosa. Tapi dasarnya dia dianugerahi DNA kepahlawanan sejati, pilihan hidup yang nggak nyaman penuh tantangan yang dijalaninya demi sebuah kebenaran yang diyakininya. Makanya nggak mengherankan kalau kisahnya tercatat oleh sejarah dan memberikan pengaruh luar biasa bagi umat manusia sampai akhir jaman.

Ho-oh ane setuju….terus sape lagi…

Ya, terus maju ke 400an SM gan…sekitar sembilan abad setelah jaman Musa.

Siape tuh….

Menurut contekan neh…ada tokoh yang namanya Aristoteles. Kenal gak gan…?

Kakek buyutnya Aliando bukan?

Halah….agan,…..Ane lanjutin yah gan. Konon kabarnya Aristoteles itu pemikir gan, suka belajar, berpikir, terus menulis. Beliau itu ahli filsafat dan logika bangsa Yunani kuno. Beliau suka sekali mengamati kehidupan manusia dari berbagai sisi, gan. Beliau juga yang mempelopori cara berpikir yang logis, sistematis dan berdasarkan fakta-fakta. Makanya dibilang kalau dia itu peletak dasar pemikiran modern zaman2 sesudahnya.

Lha kepahlawanannya dia itu ape…?

Ya itu gan, karena kemauannya untuk ingin tahu, berpikir, belajar, menulis dan mengajar menghasilkan pemikiran-pemikiran yang mungkin terdengar ‘asing’ di jamannya, ternyata membuat pengaruh luar biasa dan banyak dari pikiran-pikirannya kemudian dibenarkan oleh sejarah. Dari konsep konsep pemikirannya, mendasari lahirnya berbagai cabang ilmu pengetahuan modern. Coba ane kutip dari contekan ane ya….”Jumlah karya Aristoteles sungguh menakjubkan….tapi bukan sekedar jumlahnya saja, melainkan juga luasnya bidang pengetahuan yang digelutinya amat mengagumkan. Karya-karya ilmiahnya nyaris seperti ensiklopedia pengetahuan ilmiah di zamannya. Aristoteles menulis soal astronomi, zoology, embriology, ilmu bumi, batuan, fisika, anatomi, fisiologi dan hampir semua bidang pengetahuan yang dikenal orang Yunani kuno.”

Tapi yang paling ngetop adalah cara berpikir logis yang merupakan terobosan luar biasa di tengah zamannya yang penuh kepercayaan mistis para de-dewa. Karyanya kemudian banyak diterjemahkan oleh orang2 setelahnya yang haus ilmu ke berbagai bahasa. Gan, ane jadi pengin sekali baca buku2 atau tulisan Aristoteles ini. Malahan menurut ensiklopedia anak ane, ilmuwan moeslem Al Farabi sampe nge-baca bukunya Aristoteles ini sebanyak 40 kali saking pengin ngerti-in isi kandungan dan pikiran yang ada di bukunya itu.

Yah bolehlah contekan loh itu….terus lompat kemane lagi kite…

Lha tokoh yang dua tadi itu kan ada di jaman sebelum masehi gan…nah kita masuk ke masa-masa menjelang tahun masehi gimana gan..kurang lebih 5 SM ampek 30 Masehi gitu. Ada tokoh besar di jaman itu, yaitu Isa, Putera Maryam. Tau sendiri kan agan kisahnya yang dipenuhi kontroversi keajaiban sejak lahirnya sampai dengan akhir kehidupannya yang hanya Sang Maha Menciptakan yang memegang rahasianya…Dan bagaimana kata-katanya dan ajaran2nya mampu memberikan pencerahan bagi umatnya di zamannya yang begitu luas sampai sekarang. Jangan dikira dia populer bak artis masa kini yang dielu-elukan di jamannya, lho gan. Perjuangan merubah pola pikir seperti ini adalah nyawa taruhannya di jamannya gan….dikejar-kejar penguasa untuk dibunuh. Banyak terjadi pelopor seperti itu, bertentangan di jamannya namun sejarah mencatat kebenarannya tak hanya beberapa puluh bahkan mungkin ratusan dan ribuan tahun setelahnya baru terungkap.

…..to be continued …..

CMIIW….

Wa Allahu’alam Bissowaabb.

Taty – 5 November 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: