2150807 Seaman Must Go On ….

21 Aug

logo for fb cupcake-kooAssalammu’alaikum wrwb,

Selamat pagi/siang/sore/malam sahabat2 cantiq dan gantenk yang baik2 hatinya, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT aminnn…..Alhamdulilah, sahabat cantiq Putri request paket dengan tema seaman untuk suami terkasih. Wahh….tema yang seru, selain sist Putri ini sudah pilih2 sendiri obyek yang diinginkan menghiasi paket ini, item2 yang dipilih juga juga lucu dan imut, ndak sabar pingin segera buatinnya dengan penun semangattt…se-semangat lagu ini sahabat….nyanyi dulu yukkk…..

nenek moyangku orang pelaut 🎼🎶🎶
gemar mengarung luas samudra 🎶
menerjang ombak tiada takut 🎶
menempuh badai sudah biasa…..nana…na…na…🎶….🎶…🎶

imageMasya Allah kok lupa ya lanjutan lirik lagu anak jadul ini? Jangankan lupa, generasi anak2 kita ini mungkin malah jarang atau bahkan tidak pernah dengar lagu ini ya, padahal keren …. tersirat motivasi besar tentang keberanian, ombak diterjang, menghadang badai…..waahhh sudah biasa…begitu pesan lagu anak2 ini, semangat hebat yang selayaknya kita warisi.

Sebagaimana kehidupan yang bagaikan sebuah perjalanan, apakah melalui darat, udara, dan laut, perjalanan pasti ada hambatan dan rintangan. Melalui jalan darat, pasti ada kelokan, lubang di jalan, perempatan, harus penuh empati dengan pengendara lain merupakan attitude “is a must” dipunyai, dan serba macet…..lewat udara, resiko nyungsep tapi lebih cepet, lewat laut ya ombak dan badai bakalan jadi teman perjalanan….

imageSo seperti lagu nenek moyangku seorang pelaut tadi … solusinya sederhana saja dalam mengarungi perjalanan hidup….yaitu “biasa saja” hehehe…..
Pokoknya tetap optimis ya sahabat, terus cari dan arungi samudera2 kehidupan bisa kita ubek2 dengan kreatifitas yang membahagiakan hati kita, syukur2 dapat membahagiakan orang lain di sekitar kita, jangan takut kehabisan samudera, karena ilmu dan umur kita gak bakalan melingkupi seluruh samudera secara literally atau samudera bermakna kehidupan itu sendiri…too big to explore…

imageDan janganlah lupa, jangan sampai semangat dan optimisme menyungsepkan kita ke dalam jurang kesombongan, selalu eling dan waspada bahwa samudera itu ada Pemiliknya, ada Penjaganya, ada Penguasanya, sebagaimana firman Allah SWT yang begitu banyak tersebar di Qur’an mulia, yang menjelaskan tentang samudera dan bahtera2 yang mengarungi di atasnya….bukan kita, yang menundukkan lautan, tapi Dia yang punya dan yang mampu menggerakkan angin sehingga kapal dan bahtera dapat dengan gagah melayari samudera….

imageSo be carefull, jangan asal nenggelamin, bakar kapal nelayan2 yang sedang susah payah mencari nafkah dan karunia Allah SWT di lautan yang milik Allah Azza wa Jalla, karena in my humble maybe wrong opiniongg….daripada kita sibuk bertindak arogan, mending sumber dayanya kita maksimalkan untuk memperkuat nelayan dan pelaut kita sendiri dalam memanfaatkan/mengeksplorasi samudera kita dengan lebih elegan….nelayan/pelaut happy, rakyat terpenuhi asupan protein-nya…karena harga produk laut yang terjangkau dan segar, serta mudah didapat…

Ya sahabat, salah satu ayat Allah SWT tentang samudera ada di dalam surah Al Jatsiyah ayat 12,

“Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur.”

imageBegitu sahabat, bukan kapal atau bahteranya yang canggih dan hebat, Tapi Allah SWT-lah yang “menundukkan” lautan, wahh…..bisa saja Allah “mendongakkan” lautan ya dengan ombaknya yang setinggi gunung, dengan badainya yang gelap dan seram yang sanggup melumatkan apa2 yang mengapung diatasnya, tapi Allah-lah yang melembutkan angin, menjinakkan ombak, meredakan hujan badai, mencerahkan cuacanya, sehingga laut dan samudera dapat bergerak tenang tenang, sehingga kapal2 dan bahtera dapat dengan anggun melayarinya….

Allah SWT lah yang mengizinkan cuaca berpihak pada manusia2 yang dengan ikhlas mencari karuniaNya, untuk apa…..?
Pada akhirnya, agar kita menjadi manusia yang bersyukur…..manusia yang eling, bahwa hidup kita sebatas perjalanan yang singkat, untuk kembali kepadaNya….

Wa Allahu’alam….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: