3140203 Cute Cake for Lina and Doni

14 Feb

Assalammu’alaikum wrwb,

Segala puji bagi Allah Sang Khaliq, sholawat dan salam kepada junjungan kita Rasulullah saw …

Semoga sahabat2 cantik dan baik hatinya selalu dalam lindungan Allah SWT….dan lancar dalam seluruh aktifitasnya …

Senang sekali cupcake-koo! mendapat call dan invitasi dari sahabat baru yang lucu unyu berambut panjang berponi ini. Doi termasuk salah seorang BB-Mer (pengguna BB maksudnya :-)) yang sangat rajin update status bb-nya yang tidak jarang atau sering ya rada-rada galau gitu qiqiqiqi ….Lina ini jauh-jauh hari sudah ‘ngloloni’ lho sahabat jauh-jauh hari ingin pesan cake/cupcake untuk merencanakan moment special bersama teman deketnya. Meskipun rada cemas juga ya karena pada saat terima order dari sis Lina ini, hari-hari masih riuh diguyur hujan apalagi kalau lokasi deliverynya nanti adalah area yang sensitive atau melalui titik-titik banjir, tapi teuteup harus optimis dengan harapan hujan sedikit mengalah dan cuaca berpihak pada kita ya pada hari-H nya nanti…Amin YRA.

IMG_20140202_011432-1

Gadis cantiq berambut panjang yang ih sepertinya penampakannya masih kecil lho sahabat, awalnya kami pikir masih sekolah, rupanya doi sudah kerja di daerah kawasan bisnis terame di utara Jakarta, yang kebetulan juga langganan banjir. Waduh ….moga2 gak minta diantar ke kantornya ya …qiqiqiqi. Lina ini kepingin dibuatin cake dan tertarik dengan salah satu paket cupcake yang pernah kami buat dengan figurine cute couple yang memang cukup lucu, nah dia pengin figurine cute couple yang seperti itu menghiasi atau menjadi topper cake yang mau dia pesan…

Yang cukup interesting adalah, moment-nya ini memang super special tampaknya buat Lina karena selain adalah ulang tahun sahabat dekatnya itu juga berdekatan dengan anniversary jadiannya mereka yang kedua ceritanya. Makanya maunya yang juga ada nuansa romantisnya gitu kaliii ya …. Widii seru ya makanya seneng banget deh menjadi bagian dari moment bahagia orang lain itu, karena berasa ikut heppy juga dan jadi berasa ikuta muda lagi gitu looo ….

Karena sepertinya dia sudah merencanakannya jauh-jauh hari lho sahabat, sekitar 2 minggu beforehand, makanya kita seneng banget karena spare waktu yang cukup untuk cari2 referensi tapi juga ada khawatir kalau buatnya gak sesuai harapan. Selain itu ada beberapa critical issue-nya paket Lina ini.

Sampai deket2 hari H lokasi pengirimannya doi belum bisa pastikan fix soalnya “mungkin” scenario-nya ada beberapa, disamping doi sepertinya termasuk ‘pengacara’ alias perempuan banyak acara qiqiqi ….coba alternative pengirimannya bisa sampai 3 / 4 lokasi sahabat …. Qiqiqiqi….tapi selama masih di Jabotabek insya Allah masih okelah terjangkau. Critical issue lainnya tanggal kirimnya juga sempet floating lho tadinya akhir Januari, wiiiihhhhh akhir januari yang menurut perkiraan “pengamat’ cuaca jujan bakalan mencapai maksi-nya plus potensi banjir rob karena efek moon apa gitu ya …. Widiihhh agak agak ngeri sedap gitu ya ….sempat berubah jadi awal Februari, lha dalaaahhhh…..tapi Alhamdulillah setelah diskusi berapa kali, pada akhirnya Lina dan kami sepakat dengan hari-H dan lokasi-L hantarannya yang disepakati bersama….

IMG_20140202_011259-1

Saatnya bersiap-siap…. Spare waktu yang lama kadang ada evilnya juga ya karena berarti cukup waktu buat cari2 gambar/ide/referensi untuk rencana cupcake/cake yang akan dibuat, gak make-up make-up mindnya. Tapi jadi ingat beberapa point pesan Lina adalah minta dibuatin figurine couple –nya yang bagus ya bu, sama yang rada2 romantis gitu …youww wis focus di situ dulu deh ya….oh ya pesannya satu lagi adalah “minta se-x-an lilinnya ya bu …lilinnya yang I love you” begitu katanya, O? emang ada ya lilin I love you? Qiqiqiqi kalau happy birthday rasanya pernah lihat yang satu ini belum pernah nemu ….”tapi kalau gak ada gpp deh bu ….” Begitu lanjut pesen Lina. Waduh kritis juga nih karena menjelang Imlek sepertinya took-toko juga bakalan tutup agak lama karena berbarengan sama long weekend …tambahan lagi biasanya memang cupake-koo! jarang menyertakan lilin di paketnya.

Nah, akhirnya coba focus dan di-sketch dulu deh disain cakenya dan di bbm-in ke Lina, diputuskan simple aja, cake kemungkinan dasarnya putih dengan hiasan pita fondant di dinding bawahnya, focus diatasnya akan dibuatin figurin cute couple cowo cewe kece yang rada gede, pada awalnya Lina mintanya yang cewe pakai warna pink outfitnya sementara yang cowo biru , okay di catet dulu plus writing di basenya yang moga2 gak lupa akan ditutup fondant juga….Dan alhamdulillah, Lina ok-ok saja, pokoknya pesennya figurinenya yang bagus ya bu… Insya Allah….

Browsing cari-cari model couple cartoon gaya mata yang belok berbinar akhirnya ditemukan, dengan outfit yang cucok banget sama cuaca jakarta saat ini yang super wet, yang adalah sweater dan cewenya yang pakai sepatu bot kulit, sweater salur2 mirip lapis legit dan cowonya pakai blue jeans dan kaos turtle neck yang senada. Wahhh …. Excited banget pasti pas bikinnya nanti, meskipu sedikit menyimpang sama warna yang diminta Lina, tapi moga2 berkenan ya dianya …

IMG_20140202_011129-1

Oh iya Lina juga minta, yang rada2 romantis gitu, okay rencananya mau ditambah aksen lope lope yang  sebetulnya rencana awalnya au dibuatin seperti rangkaian lope yang nge-flow dari ukuran yang kecil dari bagian bawah terus membesar gradually ke atas topper cake, tapi pada kenyataannya, dengan figurine cute couple itu saja sudah keliatan penuh jadi akhirnya cukup dibuatin lope pink yang rada tebel dan besar plus writing di ujung2 lengkung atas lope-nya. Sementara kombinasi warnanya karena pengin menonjolkan figurine couple yang bernuasa coklat, kita pilih dasar cake yang putih dan biru tosca untuk pita dan powerful romantic colour pink untuk lope dan writing pesannya. Tambahan hiasan angka 23 yang adalah umur sahabat dekat Lina, Doni namanya,….tertempel maniez di dinding cake sebelah kanan.

Alhamdulillah romantic cake buat Lina ini akhirnya dapat diselesaikan sesuai rencana, dan besyukur pula pada keesokan hari cuacanya sedikit cerah, dan tanpa kendala terkirim dengan selamat sampai ke tangan Lina ….

IMG_20140202_183549

Lhaa dalaaahh …. Begitu cake sampai, ….kami menerima bbm singkat Lina….”buuu…lilinnya gak ada ….!” Ya Allah Ya Robbi gak kebawa lilin kecil yang belum disiapin karena lilin I love you-nya untungnya juga gak berhasil nemu, dan gak sempat alias lupa kasih kabar ke Lina …wedeehhh. Tapi untunglah kemudian bbm lanjutannya, “Bagus bu kuenya …”.
Alhamdulillah semoga Lina suka, Doni juga senang, happy bday buat Doni … semoga mereka berdua dan bersama keluarga/sahabat yang sedang mensyukuri moment kebahagian itu, bertambah happy, sehat dan sukses selalu. Dan….turut mendoakan semoga mereka berdua cepet2 ning nong ning gung …. ;-).

Lesson learned :

Begitulah manusia, tak pernah lepas dari lupa. Sepertinya sering dan lumrah banget ya apa yang terjadi pada kami sebagaimana sedikit cerita di atas, ada saja hal-hal yang membuat kita itu lupa ini dan itu, dengan dampak yang derajat kerusakannya rupa-rupa. Dan ternyata salah satu kualitas manusia itu ya memang pelupa dan salah. Menurut salah satu referensi nih sahabat, bahwa dari segi bahasa manusia itu sendiri berasal dari kata “nasia” yang artinya lupa. Maksudnya adalah bahwa manusia hakikatnya lupa akan perjanjian dengan Allah sewaktu di alam ruh. “blank white paper” itulah kondisi bayi ketika dia dilahirkan ibunda. Dalam arti lain, hakikat manusia memang pelupa sehingga ditegaskan oleh Rasulullah saw sendiri di dalam hadistnya ”manusia adalah tempatnya salah dan lupa.” Dan bahkan di dalam Al Qur’an sendiri, Allah SWT menggunakan tiga macam istilah untuk menyebut manusia alam beberapa ayatnya, yaitu al insaan, an naas dan al basyar. Manusia disebut al-insaan karena dia sering menjadi pelupa sehingga diperlukan teguran dan peringatan (http://id.netlog.com/khairulumami/blog).

So sahabat, jadi adalah wajar bahkan wajar sekali sehingga kita tak perlu kesal, marah, jengkel, bete surete, jika, kita menerima nasehat, masukan, kritikan, teguran baik dari saudara, teman, sahabat, guru, apalagi dari orang tua kita, karena merekalah orang2 terdekat yang mampu melihat kelemahan/kesalahan/kelupaan kita yang karena kasih dan sayangnya tidak menginginkan kita sedih, susah dan merugi karena kelupaan dan kesalahan kita, sebelum terlanjur Allah SWT yang memberikan teguran, wah bisa lain ceritanya. Semoga kita semua selalu dalam linduganNya untuk tercegah dari sifat dan perbuatan2 yang tercela akibat kelupaan. Betul kutipan dari Atul Gawande “Man is fallible, maybe men are less so.” Ya, seorang manusia cenderung berbuat lupa/salah, tapi banyak orang lebih bisa lebih sedikit kemungkinan lupa atau salahnya. Wa’Allahu alam bis showwab…

So sahabat karena kelemahan manusia yang sering lupa ini makanya kita perlu alat bantu yang sekilas kelihatannya remeh padahal sangat powerfull untuk menutup kelemahan kita itu yang adalah ‘checklist’. Apa ya checklist itu? Adalah sebuah daftar tugas/pekerjaan atau barang, atau nama, atau hal-hal lain yang perlu ditandai untuk membedakan yang sudah/atau belum diselesaikan atau membedakan memnuhi atau tidaknya satu item dengan item tertentu lainnya terhadap sebuah kondisi atau syarat-syarat yang ditentukan, sehingga kegagalan atau kerugian atau bahaya yang dapat timbul karena terbatasnya daya ingat atau perhatian seseorang atau sekelompok orang (tim kerja/team work) terhadap tugas atau pekerjaan yang sedang/harus dihadapi, dapat diminimalisasi. Waduuhhhh puanjang buanggetssz ya sahabat. Mau definisi singkat? hehehe…. ‘daftar contreng’ aja gitu deh.

So, sahabat dibawah ini beberapa manfaat daftar contreng supaya kita lebih ‘tergerak’ lagi untuk mengaplikasikan dalam kehidupan kita bahkan yang sudah bias melakukan dapat terus mempertahankan kebiasaan baik ini,

  1. Menghemat daya ingat/memori dan kekuatan otak kita untuk hal/kegiatan yang lebih kreatif, seringkali kita melakukan pekerjaan yang sama secara berulang-ulang, dan setiap tugas/pekerjaan pasti mempunyai tidak sedikit tahapan yang harus dilalui, persiapan-proses-penyelesaian, pada umumnya ini adalah tahapan utamanya, dan setiap tahapan ini bisa dibagi-bagi lagi menjadi beberapa tahapan yang lebih kecil dan rumit. Daripada kita menghabiskan energi otak kita untuk mengingat-ingat setiap langkah/tahapan kerja (belum lagi method/cara kerja nya), dengan checklist menjamin setiap tahapan/langkah tidak terlewat, sehingga potensi keberhasilan lebih besar. Contoh sederhananya saja seorang ibu yang mempersiapkan anak balitanya tidur saja, memerlukan 5-6 tahapan, yang bisa saja terlupa satu atau beberapa hal, checklist dibawah ini cukup membantu : sudah ganti baju tidur? sudah wudhlu/cuci kaki dan tangan? sudah gosok gigi? sudah sholat isya? sudah ditebah tempat tidurnya? sudah berdoa?Apalagi untuk hal-hal lain/pekerjan yang lebih sulit dan kompleks….checklist menjadi sebuah mandatory atau keharusan bangets. bayangin pekerjaan yang harus dilakukan di meja operasi …widiihhh tanpa cheklist dan terlewatnya satu saja tahapan kerja bisa berakibat fatallll….
  2. Menghemat waktu, dengan checklist ini kita bisa menghemat waktu kita yang berharga untuk melaksanakan kegiatan lain yang belum terpegang atau yang lebih bermanfaat dan menguntungkan dan kreatif. Karena kita tak perlu membuang waktu kita untuk mengingat-ingat hal-hal/tahapan. Atau kehilangan waktu kita untuk memperbaiki kegagalan atau bahkan mengulang pekerjaan yang sama karena kita lupa hal2 yang tampaknya kecil tapi ternyata memberi pengaruh/dampak pada hasil kerja kita secara keseluruhan. Contoh kecil dan sederhananya, adalah ketika kita mau pergi keluar rumah saja, perlu sebuah checklist : sudah mematikan kompor? sudah matikan ac/listrik/dll? sudah menyiapkan makan/minum hewan peliharaan? Amankan jemuran, kalau hujan? sudah kunci semua pintu dan jendala? Kunci pintu nya sudah belum, samping, belakang, depan, gerbang dll? Kan? Jangan sampai hal2 kecil yang lupa jadi konyol semua. Sisihkan beberapa menit waktu kita sahabat, untuk membuat daftar2 contreng, justru akan menghemat berjam-jam waktu kita.
  3. Membuat kita lebih mudah berbagi tugas. Perlu banget jika kita ada atau mempunyai tim kerja, dan harus menyelesaikan sebuah pekerjaan secara bersama-sama atau team work, berhalangannya seseorang anggota atau kita sendiri akan terbantu sekali untuk berbagi atau mendelegasikan tugas, sehingga hasil optimal tetap terjaga.
  4. Mutu kerja terjamin.
  5. Hidup menjadi lebih teratur.
  6. Hemat biaya, ya kalau pekerjaan bisa dilakukan sesuai harapan karena bantuan checklist, tentu saja biaya gak perlu ada biaya2 tambahan, karena sebuah kesalahan.
  7. Dan last but not least, insya Allah hasil kerja kita menjadi sesuai bahkan melebihi harapan.

Jadi yuuk, kita buat kegiatan bahkan kehidupan kita lebih teratur ke depan dengan mulai membuat daftar contreng ….yuk mareee 😀

Wa Allahu’alam bis showwabb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: