Image

1130211 Minecraft for Daffa’s 11th BD

19 Feb

pub minecraft

Apakabar sahabat cupcake-koo! yang baik hatinya semua …

Semoga rahmat Allah SWT selalu tercurah bagi kita semua ya…. Pastinya sudah pada kangen ya sama postingan cupcake-koo! Hehehe ketahuan, ngaku aja dah hahaha hehehe (maap seribu maap ya GR abiszz hehehe). Sip dah pokoknya!

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, cupcake-koo! sempetin untuk upload cake seri baru nih orderan seorang mommy yang canteq banget (biar order terus qiqiqi…..:D). Pretty mom ini termasuk salah satu pelanggan generasi pertama ya … dan banyak trend baru cupcake-koo (jieeaaahh) yang lahir karena orderan-nya mommy yang satu ini. Nah beliau ini jauh2 hari mengabarkan kalau akan mudik ke negeri tercinta, maklum sudah hampir setahun kalau gak salah ikut hubbie-nya tugas ke negeri tembok cina, dan tentunya gak mau kalah ya sama penduduk asli cina yang eksodus ke kampung halaman kalau lagi tahun baru cina, mommy ini dan keluarga juga ikutan mudik qiqiqi….

Kali ini pesanannya buat ultah her beloved first son, Daffa yang udah 11 tahun yang adalah cake dengan theme Minecraft. Nah loh, apa lagi tuh? Rupanya Si Daffa lagi hobi banget main minecraft, game yang lagi happening banget kata mommy-nya. Cupcake-koo! baru tahu juga ya game baru ini, yang sebelum deeply browsing kebayang tokoh atau karakter gamenya kayak apa, wondering dan curious banget jadinya … ndilalah, ini game rupanya agak beda ya yang ketemu adalah gambar2 dengan grid yang agak rough, rupanya memang demikian ya game yang lebih menekankan kreatifitas dan kebebasan ‘membangun’ wah bagus buat anak2 deh kayaknya hehehe…

Wah jadi kepengen coba neh kalau lagi luang waktunya … it’s a must hehehe…

Dan pesen mommy Daffa … “jangan lupa pakai tulisan Minecraft-nya ya mbakk ….” oke deh. Sepertinya ini  tulisan juga jadi trade marknya Mincecraft ya ….

Setelah mem-browse dan ketemu beberapa gambar seputar game ini, rupanya gampang2 syusyah yah, majority warnanya gak terlalu banyak, dari berbagai gambar yang ada, cupcake-koo! akhirnya pilih bentuk yang paling simple namun berniat buatnya agak detail, terinspirasi dari logonya Minecraft edisi Pocket, sepertinya satu building block denga mayoritas dua warna saja, coklat dan hijau tapi keduanya masing2 ada 3 grade warna jadi antara 6-7 warna diperlukan untuk buat fondant-nya. Plus dua color lagi putih dan abu2 buat tulisan Minecraftnya. 

Untuk cakenya sendiri sesuai pesan mommy Daffa adalah cake coklat dan butter creamnya dibuat coklat juga ….30x30cm.

Wow, “the evil is in the detail” hehehe bener2 berlaku buat cake satu ini …. cupcake-koo! harus buaat blok kecil2 dari 7 warna, hijau muda banget, hijau muda, hijau – coklat muda banget, coklat muda dan coklat pramuka serta tambahan biru muda sesuai dan di-persis-kan sama Minecraft edisi Pocket, supaya hasilnya bagus … dan permainan ‘cut dan paste’ pun dimulai. Fun fun fun dan gak sabar tunggu hasil akhirnya !!!

Loh dadadada dududud didididi kok kalau tampak dekat dan tampak atas jadi kayak warna ketupat yaa??? Wah bakalan suka gak ya Daffa??? …..

Dan besok paginya telpon berdering ….. “Mbaaakkkkk…..” haiyaaa jangan2 mommy Daffa kurang suka nihh…sambil tahan napasss “iya…gimana?”. Momm Daffa, “Daffa suka buangettt, kuenya gak boleh dipotong, difoto2 sama ipadnya ….!!! bagus bikinnya detail banget.”

Alhamdulillaahhhh stunning bin surpise banget, soalnya buat yang awam sama game ini sepeti ane, kok sepertinya simple banget ye cakenya, meskipun buatnya cukup consuming time disamping prepare color gradenya yang lumayan nge-jlimet … jadi ya dapat komen kayak gitu dari mommy Daffa hepi dan unexpected banget hehehe. What a wonderful piece. Thanks you Allah, Thank you Daffa’s mom, Happy birthday for Daffa, May Allah bless you all the time be solekh child for your mom and dad always…!!

Puas dueh rasanya, Qiqiqi …. tapi memang lebih bagussszzzz lagi kalau lihat cakenya ini from a certain ‘distant’ ditambah agak2 julingin yah matanya kayak liat gambar 3D itu loh hehehe!!!

So what we can learn from ‘game’ dari ulasan cupcake-koo! kali ini…simak yah beberapa dalil atau hukum dan pikiran manusia tentang ‘game of life’ (weizzzz seriouuuus dikit ye) dibawah ini moga2 memberi sedikit manfaat … Amin YRA.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an tentang ‘game of life’ ini dalam beberapa ayat, simak ya sahabat ….Surat Al-An’am (6) ayat 32, untuk baca arab-nya silahkan click http://quran.com/6/32

“And the worldly life is not but amusement and diversion; but the home of the Hereafter is best for those who fear Allah , so will you not reason?”

“Dan kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan senda-gurau sedangkan negeri akhirat itu sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Eeeiiiiit, jangan salah ya sahabat, ayat ini bukan berarti Allah memerintahkan kita untuk bersendau-gurau selama hidup di dunia lho ya hehehe…. tapi majority hidup kita ini rasanya kok memang kalau dipikir-pikir cenderung untuk penginnya yang seneng2 aja ya, ketawa ketiwi, have fun gitu lhoooh … betul gak? Nah loooo hati2 sahabat…karena kalau kita pikir2 Allah SWT menyambung dua premis dengan kata ‘sedangkan’ pasti ada maksudnya dong ya? Berarti seakan-akan berlawanan makna ya antara premis pertama dan kedua. Jadi boleh dong kira2 pesan Allah SWT itu seperti ini, “Sendau gurau dan permainan itu lebih dekat dengan kehidupan duniawi, sementara kehidupan akhirat itu lebih baik dan hanya bisa dicapai melalui sebuah ketaqwaan (bisa jadi sebuah keseriusan)”. Bisa jadi dong ya “ketaqwaan” adalah sebuah “keseriusan” menyikapi kehidupan dunia semata2 untuk mencapai kehidupan akhirat yang lebih baik. Wa’Allahu ‘alam bissowabb.

So, jadi ber-seriuslah dengan niat, perkataan dan perbuatan karena kesadaran akan dampaknya di akhirat kelak, sebuah permainan kehidupan yang sebenar-benarnya dan kekal.

Didalam ayat ini, Allah SWT berfirman bahwa negeri akhirat lebih baik bagi orang2 yang bertaqwa, kita tahu bahwa ketaqwaan adalah kesadaran seseorang untuk melakukan apa2 yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi apa2 yang menjadi larangan-Nya. Sering kali kan sahabat, kita berada dalam situasi yang dilematis, maka filter-lah untuk memilihnya mana yang kira2 lebih aman dan selamat bagi kita nantinya di kehidupan kampung akhirat kelak atau hanya kesenangan sementara/imbalan yang sedikit di kehidupan dunia yang kita akan pilih. Dan biasanya hati kecil kita yang paling dalam, tak akan berbohong, dahulukanlah selalu apa2 yang membuatnya selamat di kampung akhirat nanti, maka insya Allah urasan di kampung dunia-pun akan selamat. Yakini betul itu ya sahabat. Banyak banget lah keputusan yang harus kita ambil atau niatan yang harus kita set dalam hati kita hampir dalam setiap detik kehidupan kita, dan ayat ini memberikan dalil luar biasa dan kekuatan buat kita untuk selalu mem-filter setiap niat dan keputusan agar selalu berorientasi pada kehidupan akhirat.

Contoh :

Ketika seorang murid membuka buku pelajaran untuk belajar, akankah sama hasilnya antara setelan niat belajar karena menginginkan nilai ulangan atau UN yang bagus atau karena memang ingin memahami suatu ilmu? Insya Allah jika karena alasana niatan yang kedua, maka niatan yang pertama serta merta akan tercakup. Seorang murid yang dari kesadarannya berniat untuk memahami sebuah ilmu, sadar ilmu merupakan cahaya kehidupan, mungkin rujukan satu buku tak akan cukup buatnya, inisiatif untuk mencari rujukan buku lainnya akan dilakukan, dan tak hanya membaca, soal2 pun akan dia coba dengan kesadaran sendiri karena niatan untuk menguasai sebuah ilmu dengan sebenar-benarnya. Dan sebaliknya, insya Allah kalau hanya niatan jangan pendek karena nilai bagus dalam ulangan atau UN dlsb yang mendorongnya belajar, yaitu parameter duniawi, maka selesai ulangan/UN ya menguaplah ilmu itu tak berbekas, naudzubillah. Semoga kita dan anak2 kita sanggup meluruskan niat untuk mencari ilmu demi mendapatkan pencerahan, hanya untuk mencari cahaya kebenaran dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. Amin YRA.

Ketika seorang pengajar/guru menyiapkan materi dan berangkat ke sekolah untuk mengajar, akankah sama hasilnya antara setelan niat karena untuk mendapatkan nafkah/penghasilan atau kesadaran bahwa mengajarkan ilmu adalah amalan hidup yang akan mendapatkan limpahan pahala luar biasa dari Allah SWT di kampung akhirat kelak? Bisa dipastikan output kedua setelan niat ini, pastilah berbeda, karena dengan niatan yang kedua ini sahabat bisa bayangkan bagaimana seorang pengajar/guru mulai menyiapkan materi, menyampaikan kepada anak didik, sampai memastikan bahwa anak2 didiknya benar memahami akan menjadi sebuah ketulusan, kesabaran yang selalu terjaga dan teladan yang selalu menjadi cermin dan merupakan cara yang paling efektif dalam proses belajar mengajar bukan? Dan anda bisa bayangkan kualitas anak didik dari kualitas guru yang demikian. Dan pastilah kita yakin kualitas pengajar yang demikian akan lebih mudah dan cepat pula dalam meraih dunianya … insya Allah.

(saya nulis ini sembari mengingat guru2 saya dari mulai TK sampai sekarang, khususnya yang mengajarnya click banget di hati … thank you all of my teachers, semoga Allah SWT memberikan pahala dan balasan yang baik bagimu semua …)

Kemudian Allah SWT lebih jelas lagi menyampaikan di surat Al Hadid (57) ayat 20 (click link ini untuk baca arab-nya http://quran.com/57/20 ) tentang karakteristik dan kecenderungan hidup manusia di dunia,

“Know that the life of this world is but amusement and diversion and adornment and boasting to one another and competition in increase of wealth and children – like the example of a rain whose [resulting] plant growth pleases the tillers; then it dries and you see it turned yellow; then it becomes [scattered] debris. And in the Hereafter is severe punishment and forgiveness from Allah and approval. And what is the worldly life except the enjoyment of delusion.”

“Ketahuilah sesungguhnya kehidupan dunia itu hanya permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani, kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaanNya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.”

Kembali Allah menegaskan dalam ayat ini, lebih gamblang membuat perumpamaan game of life di dunia ini, yang dalam kesehariannya tidak bisa dipungkiri kebenarannya bukan sahabat? Ada empat karakteristik “game of life” di dunia seperti digambarkan Allah dalam ayat ini,

  • Permainan/sendau gurau,
  • Perhiasan
  • Saling berbangga
  • Berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan

Masya Allah, malu ya rasanya membahas ini, ‘manusia banget’ gitu lho…Astaghfirullahhhh … semoga kita semua diberi kekuatan Allah SWT untuk menemukan kehakikian dalam hidup, mendapat ridlo dan ampunanNya selalu, dijauhkan dari adzab dunia wal akhirat dan dihindarkan dari kepalsuan2 duniawi. Amin YRA.

Tambahan kutipan nih, insya Allah cukup bagus untuk penutup menambah wacana kita melanjutkan kehidupan ini,

“The game of life is like the game of boomerangs, deeds and words return to us sooner or later with astounding accuracy”- Florence Skinner

Percayalah sahabat, seperti bomerang, perkataan dan perbuatan kita cepat atau lambat akan kembali berbalas ke kita sendiri, kalau baik insya Allah balasannya akan baik pula tidak hanya kita terima di dunia tapi di akhirat juga, demikian pula sebaliknya.

Jadeeee …. follow your heart, cari tahu yang baik2, dengar yang baik2, lihat yang baik2, ikutin yang baik2, pilih2 yang baik2, katakan yang baik2 dan lakukan terus yang baik2 … meskipun menurut definisi dunia itu “pahit”, gak asyik, gak fun, gak jaman,  ….

Wa Allahu’alam bissowab ….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: